Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Terdampak Covid-19, Tiga UPP di Sulsel Gelar Padat Karya

0
24
Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Malili, Sulawesi Selatan, Muhammad Ridwan (baju batik), menyaksikan kegiatan masyarakat melakukan pengecatan dalam program padat karya tiga UPP yang dibuka secara resmi di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Palopo, Sulawesi Selatan, Sabtu (19/6/2021).

PALOPO (Up2date.co.id) – Tiga Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) di wilayah Sulawesi Selatan menggelar kegiatan padat karya tahun anggaran 2021.

Kegiatan Program Padat Karya yang mengambil tema “Peran Serta Ditjen Perhubungan Laut dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kegiatan Padat Karya” ini dibuka secara resmi di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Palopo, Sabtu (19/6/2021).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Palopo, Sulawesi Selatan, Muhamad Asgar saat membuka secara reski kegiatan Padat Karya tiga UPP, Sabtu (19/6/2021).

Kepala UPP Kelas II Palopo Muhammad Asgar dalam sambutannya mengatakan, program padat karya diselenggarakan dalam rangka untuk membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 dan juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar.

“Program padat karya penting untuk pemberdayaan masyarakat sehingga kita dapat turut serta dalam proses percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Muhammad Asgar.

Muhammad Asgar menjelaskan, pembukaan program padat karya dilakukan serentak di UPP Kelas II Palopo. Sedangkan pelaksanaannya dilakukan di wilayah kerja UPP masing-masing.

Program padat karya tiga UPP di Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut melibatkan 255 orang. Terdiri dari warga sekitar UPP Palopo 130 orang dengan masa kerja 3 (tiga) hari, yakni mulai tanggal 19 hingga 21 Juni 2021. Kemudian warga sekitar UPP Siwa 25 orang dan warga sekitar UPP Malili 100 orang. Pelaksanaan Program Padat Karya di UPP Siwa dan UPP Malili masing-masing selama 1 (satu) hari, yakni Sabtu tanggal 19 Juni 2021.

“Mereka adalah para pelaku usaha kecil, nelayan, dan pekerja buruh harian yang terkena dampak PHK akibat pandemi Covid-19,” kata Muhammad Asgar.

Sementara kegiatan Padat Karya meliputi pemeliharaan dan pengecatan gedung sarana dan prasarana pelabuhan serta kegiatan kebersihan lainnya.

Penyerahan alat-alat padat karya oleh Camat Wara Timur, Palopo, Sulawesi Selatan.

Camat Wara Timur, Kota Palopo, Ruslan, mengapresiasi kegiatan padat karya yang diselengarakan oleh Kemenhub.

Menurutnya, program padat karya Kemenhub merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya.

“Ini merupakan salah satu ikhtiar pemerintah untuk membantu warganya di tengah-tengah kondisi Covid-19,” ungkap Ruslan.

Turut hadir dalam pembukaan Program Padat Karya tersebut Kepala Kantor UPP Kelas III Siwa Hamjan SE, Kepala Kantor UPP Kelas III Malili Muhammad Ridwan ST., MM., Kasubag Humas Ditjen Perhubungan Laut Sriyadi, perwakilan dari PT Pertamina, Lurah Pontap, Lurah Ponjalae, dan unsur TNI dan Polri setempat.(Aliy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here