Ditjen Hubla Sosialisasi Aturan Turunan UU Cipta Kerja Bidang Pelayaran

0
20
Peserta Sosialisasi Peraturan Pemerintah UU Cipta Kerja Bidang Pelayaran di Yogyakarta, Kamis (8/4/2021).

YOGYAKARTA (Up2date.co.id) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyosialisasikan aturan turunan UU No 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, khususnya bidang pelayaran di Yogyakarta, Kamis (8/4/2021).

Adapun peraturan yang disosialisasikan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran.

“Maksud dan tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan informasi dan pemahaman kepada UPT (Unit Pelaksana Teknis) Ditjen Hubla, Pengguna Jasa Pelayaran, Stakeholders maupun Instansi Pemerintah,” kata Kepala Bagian Hukum Ditjen Hubla Toto Sukarno saat membacakan sambutan Dirjen Hubla R. Agus H. Purnomo secara virtual.

Kepala Bagian Hukum dan KSLN Ditjen Hubla Toto Sukarno saat membuka acara sosialisasi UU Cipta Kerja secara virtual. Foto ditjen Hubla

Agus berharap dengan adanya paradigma baru dalam pembentukan peraturan perundang-undangan melalui omnibus law, dan prinspi-prinsip perubahan pengaturan yang berorientasi pada kemudahan investasi dan perizininan berusaha dapat mendorong peningkatan pelayanan publik bagi aparatur perhubungan laut guna mendorong perekonomian Indonesia melalui sektor pelayaran.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan sosialisasi yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun ini merupakan salah satu upaya guna memperoleh kesamaan persepsi dan pemahaman secara baik dan benar dalam pelaksanaan peraturan perundang-undangan terutama Peraturan Menteri Perhubungan di bidang Transportasi Laut beserta petunjuk teknis pelaksanaannya, baik bagi aparat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut selaku regulator maupun bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) di bidang transportasi laut.

Anung Trijoko Wasono Kasubbag Advokasi dan Perjanjian Nasional Bagian Hukum dan KSLN. Foto ditjen Hubla

Ketua panitia sosialisasi yang juga Kasubbag Advokasi dan Perjanjian Nasional Bagian Hukum dan KSLN Ditjen Hubla Anung Trijoko Wasono melaporkan, peserta sosialisasi peraturan pemerintah UU Cipta Kerja ini berasal dari 50 kantor Unit Penyelenggara Teknis (UPT) Ditjen Hubla di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Sedangkan nara sumber sosialisasi yang mengangkat tema “Melalui Sosialisasi Peraturan Pemerintah, Kita Tingkatkan Pemahaman Mengenai Cipta Kerja Bidang Pelayaran dalam rangka Mewujudkan Penyederhanaan Perizinan Berusaha untuk Kemudahan Berusaha di Bidang Pelayaran ini adalah pakar transportasi laut dari Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning.(Arya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here