Peringati Hari Santri di Tengah Pandemi, Ponpes Al Ahliyah Gelar Berbagai Lomba

0
40

Pimpinan Pondok Pesantren Al Ahliyah, Bakan Maja, Kota Baru, Karawang, Jawa Barat, Hj. Umi Salamah Sjafe’i (tengah) bersama Tim Juri Lomba dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2020. Foto: up2date.co.id.

KOTABARU (up2date.co.id) – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2020, hari ini, Kamis (22/10/2020), Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ahliyah, Bakan Maja, Kota Baru, Karawang, Jawa Barat menggelar berbagai lomba.

“Selain turut serta memeriahkan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tahun sejak 2016, kegiatan lomba ini ditujukan untuk membangun sikap dan mental santri sebagai persiapan mereka di masa datang, ketika kembali ke masyarakat,” kata Pimpinan Ponpes Al Ahliyah Putri Hj. Umi Salamah Sjafe’i.

Salah seorang santriwati yang mengikuti lomba pidato dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2020. Foto: up2date.co.id

Lomba dalam rangka memperingati HSN 2020 ini tidak hanya diikuti oleh santri putri, santri putra pun turut serta memeriahkan gelaran yang diadakan setiap tahun ini.

“Peringatan HSN tahun ini kami sengaja selenggarakan lebih sederhana karena masih ada pandemi Covid-19 dan sesuai dengan ketentuan pemerintah,” katanya.

Hj. Umi mengatakan, sesuai tema Hari Santri Nasional 2020, yakni “Santri Sehat Indonesia Kuat”, pesantren yang didirikan oleh KH Moch. Sjafe’i bin H. Abdul Hamid sejak era penjajahan Belanda ini, berusaha mencetak generasi bangsa yang sehat jasmani dan rohani, sehat badan dan pikirannya, sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

“Selain itu kegiatan lomba ini juga dalam rangka menciptakan generasi unggul untuk menghadapi Indonesia Emas 2045 mendatang, sebagaimana yang diprogramkan oleh pemerintah,” tuturnya.

Santri putra pun tak mau ketinggalan turut memeriahkan peringatan HSN 2020. Foto: up2date.co.id

Senada dengan Hj. Umi, Ketua Tim Juri Lomba Ustadzah Meta mengatakan bahwa kegiatan lomba dalam rangka peringatan HSN 2020 ini merupakan bagian dari proses pembelajaran yang diterapkan di Ponpes Al Ahliyah.

“Terutama untuk menciptakan pribadi yang lebih baik dan menjadi santri yang hebat,” kata Meta.

Menurutnya, peran santri sangat penting untuk Indonesia ke depan. Mereka adalah para pemimpin masa depan yang tidak hanya harus pandai, tetapi juga harus memiliki akhlak yang baik.

“Sehingga kelak menjadi pemimpin yang berkualitas dan berintegritas tinggi,” katanya.

Adapun kegiatan lomba yang dilaksanakan diantaranya adalah lomba pidato, tahfidz atau hapalan Al Qur’an, dan beberapa lomba lainnya. (Rastya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here