Pegiat Ajak Manfaatkan Massa PSBB untuk Tanam Sayuran

0
27
Pegiat Indonesia Berkebun, Winartania. foto: bnpb

JAKARTA (up2date.co.id) – Pegiat Indonesia Berkebun Winartania mengajak masyarakat memanfaatkan massa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menanam sayuran untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga selama pandemi Covid-19.

“Bisa mencoba menanam di rumah dengan tanaman simpel, mudah tapi bisa menghasilkan dan mencukupi kebutuhan pangan di rumah,” ujar Winartania dalam konferensi video yang bertema Urban Farming di Graha BNPB, Jakarta, Senin (4/5/2020).

Winar menjabarkan, waktu selama berdiam di rumah karena pandemi COVID-19 dapat dimanfaatkan untuk tetap produktif misalnya dengan berkebun untuk menanam tanaman yang disukai dan bisa dikonsumsi.

“Kita menyarankan tanaman sayuran yang kita suka, banyak dikonsumsi warga di sekitar,” tutur Winartania.

Menurutnya warga bisa menanam tanaman yang bisa menghasilkan untuk kebutuhan dapur termasuk sayuran yang banyak digemari seperti kangkung, bayam, pepaya Jepang, cabe, tomat dan tanaman herbal seperti basil dan kemangi.

Bahkan jika sudah mencukupi kebutuhan dapur, kelebihan dari panen sayuran itu bisa dijual misalnya ke tetangga sekitar.

Jika ruang terbatas di rumah, warga tetap dapat berkebun dengan membuat pertanian vertikal dengan instalasi hidroponik dengan sistem tetes, dan berkebun di atap.

“Kita bisa menanam ke atas vertikal, tidak perlu lahan yang luas tapi bisa menanam ke atas, bisa di tanam di dinding,” tukasnya.(Azzah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here