Meski Pandemi Covid-19, Perusahaan Media Diimbau Penuhi Hak Jurnalis

0
34
Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

JAKARTA (up2date.co.id) – Meskipun pandemi covid-19 masih merebak, perusahaan media tetap diminta untuk memenuhi hak jurnalis dan pekerja media.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan mengatakan dalam situasi darurat, jurnalis dan pekerja media tetap harus bekerja menyampaikan informasi kepada publik, sekaligus memandu masyarakat agar bisa selamat dari wabah.

“Kami mendesak kepada seluruh perusahaan media agar tidak memanfaatkan situasi pandemi untuk menunda atau bahkan tidak menggaji jurnalis dan pekerja media,” ujar Manan, lewat siaran pers pada Jumat (1/5/2020), bertepatan dengan peringatan Hari Buruh dan Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Manan mengatakan hak-hak karyawan untuk mendapatkan upah setelah bekerja diatur dalam UU Ketenagakerjaan.

Ketua Bidang Ketenagakerjaan AJI Indonesia Aloysius Budi Kurniawan berdasarkan pengaduan yang AJI terima sejak April lalu, jurnalis memperoleh tuntutan kerja yang lebih berat di masa pandemi, sementara banyak perusahaan media yang tak memberikan alat pelindung diri ketika para awaknya harus turun ke lapangan untuk meliput.

Sejumlah jurnalis malah harus mengalami pemotongan gaji, pembayaran THR dengan cara diangsur, perumahan karyawan tanpa digaji, pemangkasan kuota berita harian kontributor, bahkan PHK.

“Pengaduan diperkirakan akan terus meningkat selama pandemi Covid-19 belum berhenti,” kata Kurniawan.

AJI mendesak kepada perusahaan media untuk tidak melakukan perumahan atau PHK sepihak.

“Di tengah pandemi, perusahaan mesti berbela rasa kepada karyawan dengan berbagai upaya, untuk memastikan terjaminnya hak-hak dasar mereka,” ujar Manan.(Arya/aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here