Serangan Milisi Haftar Menewaskan Tiga Warga Sipil Libya

0
75
Tentara GNA, Libya. Foto: aa.com.tr

TRIPOLI (up2date.co.id) – Serangan yang dilancarkan oleh pasukan milisi Haftar di hari pertama bulan suci Ramadhan, menewaskan sedikitnya tiga warga sipil Libya.

Demikian laporan otoritas Libya pada Jumat (24/4/2020), yang dirilis Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, Sabtu (25/4/2020).

Serangan roket ke permukiman sipil di wilayah Ain Zara di ibu kota Tripoli juga menyebabkan tiga orang lainnya terluka, tutur Amin al-Hashimi, juru bicara Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA).

Pekan lalu, pasukan GNA meluncurkan operasi militer untuk merebut kembali Tarhuna, sebuah kota yang memiliki nilai strategis untuk Haftar dan markas besar terakhirnya di daerah sekitar Tripoli.

Tarhuna adalah tempat strategis utama bagi milisi Haftar dalam serangan mereka terhadap Tripoli serta untuk jalur pasokan mereka dari pangkalan udara Al-Jufra.

GNA yang diakui oleh internasional digempur oleh pasukan Haftar sejak April tahun lalu, dengan lebih dari 1.000 orang tewas selama insiden kekerasan.

Sejak penggulingan penguasa lama Muammar Gaddafi pada 2011, dua kursi kekuasaan telah muncul di Libya. Haftar di Libya timur, didukung oleh Mesir dan Uni Emirat Arab, dan GNA di Tripoli, yang diakui oleh PBB dan internasional.(Arya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here