KBRI Washington Bantu WNI Paket Sembako Sehat

0
82
Sembako sehat dari KBRI Washington DC untuk WNI.

JAKARTA (up2date.co.id) – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washinton DC memberikan bantuan sembako sehat kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di sana untuk meringankan beban mereka di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikan Theodorus Satrio Nugroho selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 KBRI Washington, DC yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/4/2020).

“Secara khusus, bantuan tersebut ditujukan bagi yang warga Indonesia yang paling membutuhkan dan kelompok-kelompok yang dinilai paling rentan terhadap dampak wabah virus korona,” ujar Theodorus.

Lebih dalam lagi ia menyatakan, sektor ekonomi negeri Paman Sam menjadi salah satu yang paling babak belur akibat dihajar COVID-19. Theodorus menyatakan, berdasarkan data yang didapat pihaknya, banyak WNI terdampak PHK di tengah pandemi.

“Tidak hanya penduduk AS, masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal dan bekerja di AS pun tidak luput terkena dampaknya. Kondisi yang masih terus berlangsung tersebut menyebabkan sebagian warga Indonesia kehilangan mata pencahariannya atau terpaksa berhenti dari pekerjaannya,” ungkapnya.

Adapun proses pendataan warga terdampak dilakukan melalui informasi langsung dari masyarakat, atau melalui kerja sama KBRI dengan berbagai organisasi, tokoh-tokoh masyarakat, dan simpul-simpul komunitas Indonesia, diantaranya IMAAM Center, Rumpun Wargi Pasundan, Paguyuban Tiyang Jawi, dan Singolodoyo.

“Jumlah sembako sehat yang dibagikan untuk tahap awal mencapai 112 paket bantuan, yang berisi beras, buah-buahan, vitamin dan masker. Terdapat 28 titik pengiriman dengan titik terjauh adalah Ellicott City, Maryland (67 kilometer dari ibukota AS). Sementara ini, sudah 2 tahap yang kita lakukan, yaitu pada tanggal 21 April dan 22 April, ” tukas Theodorus.

Sebagai informasi, data terakhir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS menunjukkan kurva penyebaran COVID-19 di AS mulai cenderung mendatar, Pandemi COVID-19 di AS diprediksi masih akan berlangsung cukup lama.

Untuk itu, KBRI Washington, DC akan melakukan kegiatan pembagian paket sembako tersebut secara berkala.(Arya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here