Sudirman Said Ajak Masyarakat Bangun Semangat Lawan Covid-19

0
31
Sekjen PMI Sudirman Said saat meninjau sejumlah hygiene kit untuk disumbangkan kepada masyarakat terdampak covid-19. Foto: Dokumentasi PMI

JAKARTA (up2date.co.id) – Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (Sekjen PMI) Sudirman Said mengajak seluruh elemen masyarakat membangun semangat saling jaga antarwarga untuk mengatasi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19.

Mereka yang mampu membantu yang kurang mampu. Para pemimpin masyarakat menjaga lingkungannya agar terjadi saling tolong.

“Jangan biarkan tetangga kita, kolega, handai taulan mengalami kesulitan yang ekstrem,” kata Sudirman Said dalam diskusi jarak jauh tentang penanggulangan dampak Covid-19 yang diselenggarakan sebuah radio swasta, Sabtu (18/4/2020) pagi.

Semangat saling jaga ini, lanjutnya, akan membuat bangsa kita kuat. Karena Indonesia memiliki sumber daya cukup, yang bila dikelola dengan baik bisa memberikan hasil yang cukup untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

“Ini waktunya memperkuat solidaritas, kohesivitas sosial. Kesulitan ini akan kita hadapi bersama, dan in syaa Allah kita akan lulus ujian sebagai bangsa yang Tangguh,” lanjutnya.

Terkait dengan hal itu, ke depan PMI akan mulai mengorganisasikan bantuan sosial untuk mengantisipasi kesulitan ekonomi dan sosial yang diperkirakan akan mendera rakyat kecil sebagai dampak pandemi Covid-19.

Sebagai tahap awal, lanjut Sudirman, PMI saat ini sedang mempersiapkan satu juta paket bantuan kesehatan yang akan dibagikan ke masyarakat. Paket bantuan itu berisi antara lain sabun, handsanitizer, dan masker.

Sudirman mengungkapkan, selama ini PMI fokus pada dua hal. Pertama, edukasi dan komunikasi risiko terus menerus melalui berbagai media. Kedua, membantu pencegahan penyebaran Covid-19 dengan aktivitas penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum, seperti jalan raya, sekolah, masjid, pasar, jua jalan lingkungan.

“Ini akan kami lakukan terus sampai keadaan membaik,” ungkap dia.(Azzah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here