Distribusi Bansos PSBB DKI Jakrta Langsung ke Rumah Warga

0
41
Pendistribusian Bansos DKI Langsung ke Rumah Warga. Foto: Dok. Humas DKI

JAKARTA (up2date.co.id) – Dinas Sosial DKI Jakarta mendistribusikan Bantuan Sosial (bansos) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada warga miskin dan rentan miskin langsung hingga ke pintu rumah penerima.

Hal ini agar menghindari kerumunan massa sehingga terhindar dari penularan covid-19.

“Para Walikota, Camat, Lurah dan Ketua RW setempat turut mengawasi proses pendistribusian bansos dan berkolaborasi dengan TNI dan Polri dalam keamanan dan ketertiban, termasuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan aturan saat berada di luar rumah (memakai masker dan menjaga jarak fisik) selama proses ini berlangsung hingga selesai,” kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Irmansyah di Jakarta, Selasa (13/4/2020).

Seperti diketahui, bantuan yang diberikan berupa paket komoditas bahan pangan pokok (beras 5 kg 1 karung, bahan makanan berprotein 2 kaleng, minyak goreng 0,9 liter 1 bungkus, biskuit 2 bungkus), masker kain 2 buah, dan sabun mandi 2 batang. Tidak ada pemberian bantuan berupa uang tunai. Program bansos ini bersumber dari realokasi anggaran APBD Provinsi DKI Jakarta.

Dalam proses penyelenggaraan Program Bantuan Sosial PSBB COVID-19 ini, Pemprov DKI Jakarta juga telah melaksanakan mekanisme pendataan. Yaitu mulai dari pengumpulan data, verifikasi, dan validasi data yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Penyediaan informasi publik terkait daftar penerima bantuan sosial akan mengikuti aturan dan mekanisme yang berlaku sesuai dengan amanat Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” papar Irmansyah.

Selain itu, Irmansyah memastikan mengenai daftar penerima bantuan sosial dapat diakses oleh publik melalui mekanisme permohonan informasi publik dengan mengecualikan data yang terkait informasi pribadi penerima bantuan sosial ataupun informasi yang dikecualikan lainnya menurut UU Keterbukaan Informasi Publik.(Azzah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here