Empat Stasiun VTS Akan Jadi Tempat Uji Coba E-Pilotage

0
60
Stasiun Vessel Traffic Services (VTS), Belawan, Sumatera Utara.

JAKARTA (up2date.co.id) – Empat Stasiun Vessel Traffic Services (VTS) akan dijadikan tempat uji coba (test bed) pemanduan secara elektronik atau Electronic Pilotage (E-Pilotage).

“Test bed rencananya akan dilaksanakan secara tentatif pada minggu keempat bulan Mei sampai dengan minggu ketiga bulan Juni tahun 2020,” kata Direktur Kenavigasian Direktorat Jenderal perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hengki Angkasawan di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Keempat Stasiun VTS yang dijadikan tempat uji coba adalah VTS Batam, VTS Tanjung Priok, VTS Benoa, dan VTS Tarakan.

“Dengan pelaksanaan test bed ini kita bisa mendapatkan gambaran utuh bagaimana E-Pilotage dilaksanakan sesuai ketentuan-ketentuan Internasional serta best practices/pelaksanaan di negara-negara lain, termasuk kendala atau hambatan dalam operasionalnya,” ujar Hengki.

Dari hasil uji coba, Ditjen Hubla melakukan evaluasi dan pengembangan yang dibutuhkan, baik di bidang regulasi, peralatan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Pelaksanaan test bed ini akan melibatkan banyak pihak, baik itu Distrik Navigasi, KSOP dan juga stakeholder terkait yakni PT. Pelindo I, PT. Pelindo II, PT. Pelindo III, dan PT. Pelindo IV yang masing-masing memiliki peranan tersendiri dalam pelaksanaan test bed,” jelas Hengki.(Addin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here