DPR Dorong Polri Usut Gagal Bayar Koperasi Indosurya

0
65
Wakil Ketua DPR RI Bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad (sebelah kanan).

JAKARTA (up2date.co.id) – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendorong Kepolisi RI (Polri) agar segera mengusut persoalan gagal bayar Koperasi Simpan Pinjam Indosurya Cipta (ISP). Khususnya, mengungkap aliran dana nasabah senilai lebih Rp10 triliun.

“Polri harus bergerak cepat mengusut kasus gagal bayar Koperasi Indosurya. Aneh sekali mengapa ada ketidakjelasan kemana dana nasabah senilai lebih Rp10 Triliun dipergunakan sehingga bisa gagal bayar,” kata Wakil Ketua DPR Bidang Ekonomi dan Keuangan, Sufmi Dasco Ahmad melalui keterangan tertulisnya, Rabu (8/2/2020).

Dasco juga meminta Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan dengan detail bagaimana pengawasan yang mereka lakukan kepada Koperasi Indosurya selama ini.

“Belajar dari kasus kasus penyelewengan dana publik, biasanya ada pola yang mudah dideteksi yaitu skema bisnis yang too good to be true alias terlalu muluk-muluk, misalnya dengan bunga atau imbal balik yang terlalu besar.

Kalau gejala tersebut juga ada dalam kasus Indosurya maka Kemenkop sejak awal bisa meniup peluit peringatan,” katanya.

Waketum DPP Gerindra ini menegaskan bahwa DPR akan terus memantau kasus ini.

“Dalam waktu dekat (DPR) akan memanggil pihak-pihak terkait agar dana nasabah indosurya bisa diselamatkan,” katanya.(Addin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here