DPR Minta Nadiem Segera Realisasikan Refocusing APBN Rp405 Miliar untuk Covid-19

0
37
Anggota Komisi X DPR RI F-PAN, Zainuddin Maliki.

Tajuk.co, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim diminta cepat merealisasikan ealokasi anggaran APBN TA 2020 sebesar Rp405 miliar untuk mendukung percepatan penanganan virus corona (Covid-19).

“Menteri Nadiem harus bergerak cepat merealisasi hasil refocusing APBN TA 2020 tersebut dalam penanganan wabah Covid-19,” kata Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN, Zainuddin Maliki di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Menurut Zainuddin, Eskalasi serangan wabah Covid-19 itu kian terasa dampaknya hingga menyentuh aspek sosial maupun ekonomi.

Zainuddin yakin akan sangat membantu jika pemerintah bergerak cepat pelaksanaan 150.000 Rapid Test yang direncanakan di lima Rumah Sakit Pendidikan (RSP). Realokasi anggaran Kemdikbud untuk kegiatan ini sebesar Rp 90 miliar dengan mobilisasi 13 Fakultas Kedokteran dan 13 RSP.

“Di samping bisa mengejar target Kemdikbud 7600 sampel tes perhari tentunya bisa segera menangani status mereka yang menjalani tes cepat sesuai protokol kesehatan. Dari rapid test ini tentu diperoleh data yang bisa juga digunakan untuk membantu membaca peta persebaran virus corona,” katanya.

Sejauh ini pemerintah, kata mantan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini pemerintah dalam menangani Covid-19 tanpa peta persebaran yang jelas.

Masyarakat hanya diberi data tentang jumlah kasus, mereka yang dirawat, yang sembuh dan yang meninggal di satu wilayah tertentu.
“Data ini tidak bisa menggambarkan pergerakan orang yang berstatus ODP dan PDP,” katanya.

Mahasiswa Kedokteran yang ditarget Menteri Nadiem hingga 15.000 personel seharusnya hari ini juga sudah bisa turun ke lapangan membantu mitigasi maupun penanganan wabah Covid-19.

“Tentu dalam melaksanakan mitigasi, para relawan ini harus tetap sesuai dengan kebutuhan, kompetensi, dan kewenangannya dalam kordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,” imbuh dia.

Komisi X DPR RI telah menyepakati refocusing APBN di lingkungan Kemdikbud sebesar Rp 405 miliar untuk mendukung percepatan pencegahan Covid-19 sejak 27 Maret lalu.(Azzah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here