Lindungi Dokter dari Corona, DPR Minta Masyarakat yang Berobat Pakai Masker

0
44
Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo (foto: dpr.go.id)

JAKARTA (up2date.co.id) – Masyarakat yang berobat disarankan untuk memakai masker untuk melindungi tenaga medis dari ancaman Virus Corona (Covid-19). Pasalnya, kata dia, Virus asal wuhan, China itu terkadang tidak menunjukan gejala pada diri pasien saat berobat.

“Perlu kita tekankan, agar semua pasien yang Covid-19 atau bukan ketika berkunjung ke dokter harus menggunakan masker dan protokol kesehatan yang harus ditaati, agar pasien yang tidak ada tanda-tanda Covid-19 namun [ternyata] sudah terpapar korona, tidak menularkan kepada para medis kita,” kata Anggota komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo di Jakarta, Minggu (5/4/2020).

Selain itu, lanjut Rahmad, masyarakat juga harus mematuhi imbauan pemerintah tentang sosial distancing atau jaga jarak antar warga dan tidak saling keluar rumah.

Namun, apabila, ada kebutuhan yang mendesak yang mengharuskan untuk keluar rumah. Politisi PDI Perjuangan (PDIP) itu menyarankan agar masyarakat mengenakan masker.

“Baik yang menggunakan masker kain maupun masker sesuai dengan standar kesehatan, maka akan bisa menekan korban terutama di kalangan medis,” katanya.

Selain itu, Tenaga medis, kata Rahmad, juga harus selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja menangani pasien.

Apabila, APD itu sudah kosong, Rahmad meminta agar para tenaga medis tidak turun langsung mengobati pasien Covid-19.

Selain itu, Rahmad juga meminta pemerintah agar dapat menjamin ketersediaan APD secara lengkap untuk tenaga medis.

“Dari hasil rapat kerja pemerintah dengan Komisi IX dua hari yang lalu telah memutuskan pemerintah berkomitmen untuk memenuhi kelengkapan kebutuhan APD,” katanya.

“Kedua, dalam hal pandemi virus ini, yang paling penting, paramedis yang tidak menggunakan APD standar harus diprioritaskan untuk menyelamatkan diri sendiri dulu baru membantu pasien untuk mencegah terus bertambahnya korban para dokter dan medis lainnya,” tegas dia. (Addin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here