Selama Darurat Corona, Pembatalan Tiket KA Bisa Via Online

0
15
Senior Manager Humas PT KAI Daops 1 Jakarta Eva Chairunnisa (Foto: prindonesia.co)

JAKARTA (up2date.co.id) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memberi kesempatan untuk melakukan pembatalan tiket melalui online kepada masyarakat yang berniat membatalkan perjalanannya menggunakan kereta api selama masa darurat corona. Hal ini untuk menghindari penumpukan masyarakat di stasiun, sekaligus mencegah penyebaran cirus corona lebih luas.

Terhitung sejak Senin (23/3/2020), PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

“Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, Stasiun Gambir dan Pasar Senen, PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access,” kata Kepala Humas PT KAI Daops I Eva Chairunisa di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Terdapat 19 erangkatan Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret – 1 April 2020, dan KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan KA-KA yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100%.

Pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Corona, yaitu 23 Maret – 29 Mei 2020.

Secara total terhitung sejak 1 maret 2020 hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan s.d 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online.

Meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access, terpenting nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking.

Yang perlu dipastikan, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100%. Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut.

Jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun. Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh. Masing-masing stasiun memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi 5 loket layanan pembatalan tiket.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):
1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 – 19.00 WIB
4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 – 22.00
6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 – 19.00 WIB
8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 – 22.00 WIB
(HAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here