Corona Merebak, Mudik Gratis Lebaran Tahun Ini Ditiadakan

0
61
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi

JAKARTA (up2date.co.id) – Sehubungan dengan semakin merebaknya wabah virus corona disease (covid-19), Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membatalkan program mudik gratis Lebaran 1441 H/2020. Program mudik gratis ini biasa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, dan swasta.

“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Ditjen Perhubungan Darat Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19.

“Saat ini kita akan berganti fokus, saling bantu-membantu antara pemerintah pusat maupun daerah untuk mengatasi penularan Covid-19. Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.(HAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here