Siapkan Langkah Strategis, Ditjen Hubdat Gelar Rakornis

0
22

Jakarta (up2date.co.id) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta, Senin (2/3).

Acara yang dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono ini akan berlangsung selama dua hari, yakni hingga Selasa (3/3).

“Kita bersama- sama dengan seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Perhubungan Darat beserta para operator dan pelaku usaha dengan adanya pelaksanaan kegiatan Rakornis ini, baik angkutan jalan maupun ASDP dapat menjadi tempat yang sehat, selamat, dan aman bagi penggunanya,” kata Djoko Sasono.

Adapun pada acara Rakornis Ditjen Hubdat 2020 kali ini mengangkat tema “Penguatan Sinergi Stakeholder Transportasi Darat Untuk Mewujudkan Visi Misi Presiden RI”.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi dalam laporannya menyampaikab bahwa penyelenggaraan Rakornis ini dimaksudkan sebagai wahana konsolidasi dan kaji ulang berbagai kebijakan dan langkah-langkah strategis Perhubungan Darat untuk dapat dilaksanakan dengan optimal dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan bidang perhubungan darat yang lebih baik di pusat maupun di daerah.

Dirjen Budi berharap, pelaksanaan Rakornis ini semakin dapat menguatkan koordinasi dan sinergitas antar lembaga terkait dengan pengambilan kebijakan ataupun penyelerasan pembangunan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah.

Selain itu, Ia menegaskan perlunya memperkuat (revitalisasi) kapasitas institusional dalam pelaksanaan tupoksinya agar dapat terwujud institusi yang lebih kuat dan lebih baik dalam melayani masyarakat serta ketanggapan terhadap isu dan tantangan di bidang transportasi darat baik di lingkup sektoral maupun nasional.

Di dalam Rakornis ini, Dirjen Budi manyampaikan terdapat 8 topik utama yang akan menjadi pembahasan selama Rakornis yang berlangsung sejak 2-3 Maret 2020 antara lain:

a. Konektivitas dan Aksesibilitas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional;
b. Penertiban Over Dimension dan Over Loading (ODOL);
c. Penyederhanaan Sistem Perizinan di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (OMNIBUS LAW);
d. Permasalahan Distribusi Logistik Nasional yang mempengaruhi disparitas harga;
e. Pemenuhan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM);
f. Pemanfaatan dan pengembangan sistem informasi dan TIK Bidang Perhubungan Darat;
g. Peningkatan tata kelola (debirokratisasi dan deregulasi) Ditjen Perhubungan Darat;
h. Peningkatan pelayanan dan keselamatan transportasi darat.

Pada kesempatan tersebut. Dirjen Budi mengatakan bahwa pihaknya akan segera berbenah dan bersiap menyambut Angkutan Lebaran. Saat ini Kemenhub tengah menjalin kerja sama dengan Google untuk membantu pemudik mendapatkan informasi perjalanan yang terbaik.

“Tahun ini kami akan bekerja sama dengan Google terkait peta mudik yang lengkap dan yang pasti dapat membantu perjalanan masyarakat lebih selamat dan nyaman,” jelas Dirjen Budi.

Pameran Kendaraan Listrik
Rakornis tahun ini di isi juga dengan berbagai pameran alat-alat keselamatan transportasi darat, termasuk juga pameran kendaraan listrik, baik mobil maupun sepeda motor.

“Tujuan diadakan pameran kendaraan listrik tersebut sebagai langkah pemerintah dalam mendukung penuh dengan adanya kebijakan percepatan penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan serta kemajuan terwujudnya pelaksanaan kendaraan listrik yang diamanatkan Perpres 55/2019,” ujar Dirjen Budi.

Menurutnya, hal ini disebabkan adanya tuntutan yang semakin besar akan kendaraan yang ramah lingkungan untuk mengurangi polusi yang telah menjadi permasalahan di beberapa kota besar, terutama Jakarta.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here