PMI dan JRCS Perkuat Kerjasama People to People Indonesia-Jepang

0
62

Banten (up2date.co.id)- Palang Merah Indonesia (PMI) akan terus memperkuat kerjasama dengan Palang Merah Jepang atau Japan Red Cross Society (JRCS). Keduanya telah banyak melakukan kerjasama dalam proyek-proyek kemanusiaan di Indonesia.

“Kita berterima kasih atas komitmen kemanusiaan masyarakat Jepang untuk Indonesia. Kami yakin ke depan kerjasama ini terus diperkuat,” kata Sekjen PMI Sudirman Said saat serah terima bantuan Solar Wifi Station Systems untuk daerah bencana dari JRCS ke PMI, Kamis (20/2/2020) di Markas PMI Banten di Serang.

Sudirman menyampaikan, sejak peristiwa tsunami Aceh dan Nias tahun 2004, kerjasama PMI dan JRCS semakin erat. Sumbangan masyarakat Jepang terus mengalir pada setiap peristiwa bencana.

Sudirman mengungkapkan, saat ini JRCS dan PMI sedang menyelesaikan program Integrated Community Based Risk Reduction (ICBRT), suatu program pemberdayaan masyarakat untuk membangun kesiagaan menghadapi bencana alam.

“PMI berkomitmen menjaga amanah, menyelenggarakan _people to people enggagement_ (keterlibatan masyarakat),” lanjut Sudirman.

Bantuan Solar Wifi Station yang disampaikan Yuki Aoki, International Relations Officer JRCS kepada PMI merupakan bagian dari program ICBRR tersebut.

Yuki menjelaskan, wifi station produksi Nakayama Iron Work Ltd, Jepang ini khusus untuk daerah bencana. Alat ini menggunakan energi surya sehingga bisa tetap beroperasi meski tidak ada aliran listrik

Sementara itu, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Sumarsono menyatakan alat ini akan sangat membantu untuk komunikasi di daerah bencana.

“Alat seperti ini sangat dibutuhkan mengingat Indonesia adalah daerah rawan bencana. Setiap regional PMI perlu memiliki alat ini,” ujarnya.

Tururt hadir dalam serah terima wifi station itu Kepala Markas PMI Sunarbowo Sandi, Sekretaris PMI Banten dr. Rahmat Fitriadi, dan perwakilan dari Nakayama Iron Works.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here