Permudah Susun dan Revisi Anggaran, Kemenhub Gelar Bimtek Aplikasi SAKTI

0
69

Jakarta (up2date.co.id) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan c.q bagian penganggaran melakukan bimbingan teknis (bimtek) penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) di Jakarta, Rabu (19/2).

Kepala Sub Bagian Pelaksana Penganggaran, Bagian Penganggaran Ditjen Perhubungan Laut Guswan Rahim Erwin dalam pengantar bimtek menyampaikan bahwa penguasaan Aplikasi SAKTI ini sangat penting bagi para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Satuan Kerja (Satker), dan para pelaksana pengguna anggaran lainnya, termasuk para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Aplikasi SAKTI ini sangat bermanfaat untuk kegiatan revisi anggaran yang terkadang muncul berbagai persoalan. Dengan aplikasi SAKTI ini mudah-mudahan mudah diselesaikan,” kata Guswan.

Untuk itu Guswan meminta kepada peserta bimtek untuk aktif bertanya kepada nara sumber, terkait persoalan apa saja yang sering dihadapi dalam revisi anggaran.

Para peserta bimtek ini adalah para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), baik yang di tingkat pusat (Ditjen Perhubungan Laut) maupuh di daerah, seperti Unit Penyelenggara Teknis (UPT), serta Satuan Kerja (Satker).

Gede Ginarya, Kasubdit Teknologi Informasi Penganggaran, Dit Sistem Penganggaran Ditjen Anggaran, Kemenkeu yang menjadi nara sumber bimtek mengatakan, aplikasi SAKTI bermanfaat untuk pengelolaan keuangan yang lebih efektif dan efisien.

“Juga memudahkan bagi para pengelola anggaran untuk melakukan pelaporan atau pertanggungjawaban di akhir tahun,” kata Gede.

Pada kesempatan tersebut Gede menjelaskan bahwa aplikasi SAKTI terdiri dari banyak modul. Diantaranya adalah modul admin, penganggaran, komitmen, pembayaran, bendahara, persediaan, piutang (BNPB), aset, dan pelaporan.

“Tapi untuk tahun 2020 yang baru akan diaktifkan adalah modul penganggaran, sepertiĀ  untuk menyusun RKA Satker dan sejenisnya,” kata Gede. (Has)

Foto: Humas Ditjen Hubla/Indi Astono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here