KSOP Muara Angke Siap Layani Angkutan Nataru

0
40

Jakarta (up2date.co.id) –  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Muara Angke, Jakarta Utara siap melayani angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Kesiapan tersebut ditandai dengan menggelar apel kesiapan angkutan Nataru yang diikuti oleh seluruh staf KSOP Muara Angke dan stakeholder terkait di Pelabuhan Kali Adem, kemarin.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Plh. Kepala KSOP Muara Angke  Ichwan Darmanto menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan menjadi salah satu instansi pemerintah yang memegang peran sangat penting dalam penyelenggaraan Angkutan Laut Nataru.

“Kami telah mensiagakan kapal-kapal Negara, kapal Pelni ataupun kapal swasta dan bersiap menjadi kapal cadangan jika terjadi lonjakan penumpang di wilayah Indonesia timur,” kata Dirjen Agus.

Dirjen Agus juga mengimbau agar seluruh pelabuhan dapat segera mendeteksi jika ada kemungkinan lonjakan penumpang serta melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait apabila ada kemungkinan lonjakan penumpang agar penyelenggaraan angkutan Nataru ini dapat berlangsung dengan sukses.

“Hal lain yang tak kalah pentingnya ialah meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan, termasuk pelayanan tiket berbasis elektronik atau e-ticketing (tiket online) yang menjadi salah satu terobosan di Ditjen Perhubungan Laut untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan praktik percaloan tiket,” jelasnya.

Terakhir, Dirjen Agus mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama bahu membahu dalam meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran serta memantapkan koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait demi terciptanya penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang lancar dan selamat.

Sementara itu, Ichwan Darmanto menyampaikan bahwa bersamaan dengan pelaksaan apel kesiapan, KSOP Muara Angke juga membuka Posko Angkutan Laut Nataru sebagaimana diamanatkan oleh Dirjen Perhuhungan Laut.

“Posko Kantor Pusat berada di Gedung Karsa Lt. 4 Kantor Kementerian Perhubungan. Posko ini akan berlangsung dari tanggal 18 Desember 2019 hingga tanggal 8 Januari 2020,” kata Ichwan yang juga menjabat sebagai Pengawas Keselamatan Pelayaran KSOP Kelas IV Muara Angke.

Ichwan Darmanto menambahkan, KSOP Muara Angke juga telah melakukan kegiatan uji petik terpadu kelaiklautan kapal akan dilakukan hingga 16 Desember 2019 sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut.

Adapun jumlah kapal penumpang yang diperiksa sejumlah 44 kapal, diantaranya 36 unit kapal tradisional, 6 (enam) unit kapal Dishub, 1 (satu) unit kapal ASDP serta 1 (satu) unit kapal Pelni. “Sore hari ini kami targetkan menyelesaikan pemeriksaan terhadap 7 (tujuh) unit kapal,” kata Ichwan.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here