Alur Pelayaran Sampit Penting untuk Pertumbuhan Ekonomi Setempat

0
41

Sampit (up2date.co.id) – Keberadaan Pelabuhan Sampit memiliki peran penting dalam menunjang perekonomian. Mengingat pelabuhan ini digunakan untuk lalu lintas kapal penumpang, kapal kargo, kapan kontainer, dan memiliki banyak potensi untuk pertumbuhan ekonomi.

“Oleh karena itu penataan alur pelayaran Sampit selayaknya segera dilaksanakan,” kata Direktur Navigasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Basar Antonius dalam sambutan yang disampaikan Kepala Distrik Navigasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Abdul Kasim Tualeka, dalam Focus Group Discussion (FGD) Penetapan Alur Pelayaran Sampit di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kamis (5/12/2019).

Abdul Kasim mengatakan, pentingnya penataan alur pelayaran sampit juga terkait dengan distribusi logistik melalui pelabuhan di sekitat alur sampit maupun keluar masuk pelabuhan masih tergantung pada pasang surut.

Menurutnya, saat ini sedang disusun rancangan keputusan Menteri Perhubungan tentang penetapan alur pelayaran Sampit.

Dengan adanya keputusan Menteri Perhubungan tersebut, diharapkan keteraturan, kelancaran, dan keselamatan lalu lintas pelayaran di Pelabuhan Sampit dapat terwujud. “Sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah Sampit,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Abdul Kasim Tualeka mengingatkan bahwa sebagai bangsa maritim yang mendiami ribuan pulau yang kaya dengan sumber daya alam, sudah selayaknya memanfaatkan karunia tersebut sebaik-baiknya.

Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran memberikan kesempatan untuk mengoptimalkan potensi maritim melalui pengelolaan transportasi laut untuk kepentingan nasional. Implementasi dari UU tersebut salah satunya adalah upaya mewujudkan visi misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Melalui program Nawa Cita pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah. Salah satunya melaluinpembangunan infrastruktur pelabuhan,” tutur Abdul Kasim Tualeka.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here