KSOP Dumai Siap Layani Operasional Kapal RoRo ke Malaka

0
27

Dumai (up2date.co.id) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Dumai, Riau siap mendukung dan melayani operasional kapal Roll on Roll off (RoRo) dari Dumai (Indonesia) ke Malaka (Malaysia).

“Tugas kami kan hanya dari aspek kesemalatan pelayaran. Jadi kami sudah sangat siap memberikan layanan operasional kapal RoRo Dumai-Malaka,” kata Kepala KSOP Kelas I Dumai Sanggam Marihot di sela kegiatan the 1st Sub-Committee of RoRo Melaka-Dumai Task Force Meeting di Hotel The Zhuri, Dumai, Riau, Kamis (14/11/2019).

Sanggam mengatakan, saat ini KSOP Dumai telah memiliki kantor pelayanan di Pelabuhan Sri Junjungan, Dumai. Pelabuhan penyeberangan milik Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ini rencananya akan dijadikan pelabuhan pemberangkatan dan kedatangan kapal RoRo. Sedangkan di Malaka rencananya akan menggunakan Pelabuhan Tanjung Beruas.

Selama ini KSOP Dumai juga telah melayani pelayaran kapal RoRo dari Pelabuhan Sri Junjungan menuju Pulau Rupat. Sehingga bila kapal RoRo rute Dumai-Malaka PP beroperasi, KSOP Dumai hanya tinggal menambah layanan.

“Jumlah SDM juga siap. Tinggal nanti dievaluasi apakah perlu penambahan SDM atau tidak ketika RoRo ke Malaka beroperasi,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini, Kamis (14/11/2019), Kementerian Perhubungan melakukan pembahasan bersama dengan pihak Malaysia terkait persiapan operasional RoRo Dumai-Malaka. Kegiatan yang bertajuk the 1st Sub-Committee of RoRo Melaka-Dumai Task Force Meeting ini berlangsung selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat, 14 s.d. 15 November 2019.

Delegasi Malaysia dipimpin oleh Timbalan Setiausaha Bahagian Bahagian Maritim Siva Sangar Krishnan. Sedabgkan delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dorektirat Jenderal Perhubungan Laut Capt Wisnu Handoko, dengan anggota delegasi dari lintas Kementerian/Lembaga.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here