Wakil Ketua Umum MUI ini Kini Mengabdi Jadi Wakil Menteri Agama

0
35

Menteri Agama Fachrul Razi bersama Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Jakarta (up2date.co.id) – Presiden Joko Widodo telah melantik 12 wakil menteri Kabinet Indonesia Maju, Jumat (25/10/2019).

Salah seorang yang dilantik kemarin adalah Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Sa’adi yang dipercaya untuk menjadi Wakil Menteri Agama mendampingi Fachrul Razi.

“Salah satu amanat dari Bapak Presiden Jokowi adalah penanganan masalah radikalisme,” ujar Mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Penanganan radikalisme akhir-akhir ini sangat penting karena semua pihak menginginkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang rukun menjunjung tinggi nilai keadaban, kesusilaan dan keagamaan.

Sebenarnyya, tambah lelaki kelahiran Jepara, Jawa Tengah, pada 20 Juli 1963, persoalan radikal tidak hanya bersumber dari keagamaan, namun dapat bersumber dari persoalan sosial, ekonomi, ketidakadilan, dan sebagainya.

Hal ini tentu menimbulkan persoalan yang kompleks. Makanya, Kementerian Agama akan mencari akar persoalan radikalisme, sehingga akan diberikan solusi yang sebaik-baiknya.

Hal ini juga mengacu kepada hasil-hasil penelitian dan lembaga survei, radikalisme sudah masuk di berbagai sektor, baik pendidikan dan militer.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin menyoroti arahan Presiden Jokowi kepada Menteri Agama Fachrul Razi untuk mengatasi radikalisme.

Menurut Dewan pertimbangan MUI ini, tugas Kementerian Agama bukan memberantas hal semacam itu.

“Kemenag memiliki peranan untuk membangun bangsa, membangun moralitas bangsa, mengembangkan keberagamaan ke arah yang positif konstruktif bagi bangsa, menjaga dan meningkatkan kerukunan kualitas keagamaan,” ujar Din.(Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here