Kementerian PANRB Raih Nominasi Siaran Pers Terbaik

0
10

Pangkal Pinang (up2date.co.id) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) meraih nominasi tiga terbaik dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2019 dalam kategori siaran pers/pemberitaan kementerian/lembaga. Selain Kementerian PANRB, dua kementerian lainnya yakni Kementerian Keuangan dan Kementerian Pariwisata juga masuk ke dalam kategori tersebut.

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini diadakan untuk memberikan apresiasi kepada instansi pemerintah karena telah melakukan komunikasi efektif pada masyarakat. Pada kategori siaran pers/pemberitaan, Kementerian Keuangan yang berhasil menyabet juara I pada kategori tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Andi Rahadian yang hadir sebagai perwakilan Kementerian PANRB mengatakan meski tahun ini belum berkesempatan menjadi juara pertama, ia mengapresiasi kinerja humas Kementerian PANRB. “Tahun depan kita akan buat strategi komunikasi dan persiapkan diri lebih baik,” ungkapnya usai menghadiri AMH 2019 yang digelar di Pangkalpinang, Jumat (25/10).

AMH merupakan kegiatan tahunan Kementerian Kominfo yang telah digelar selama 14 tahun. Salah satu tujuan diselenggarakannya AMH adalah menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja serta memberikan ruang dan peluang bagi peningkatan kinerja humas pemerintah.

Mekanisme penjurian pada tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu, penilaian dibagi antara pusat dan daerah. Pusat diikuti oleh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sementara daerah hanya pemerintah daerah.

Di tahun ini, klasifikasi pemenang berdasarkan kementerian/lembaga terbaik, BUMN/D terbaik, Perguruan Tinggi Negeri terbaik, pemda provinsi, dan pemda kab/kota terbaik.

Dalam pidato pembukaannya Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Widodo Muktiyo mengatakan AMH menjadi wadah untuk memperkuat peran humas pemerintah dalam melakukan diseminasi informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat. “Tiap tahun proses penjurian AMH diperketat dan kualitasnya ditingkatkan, saya harap ini bisa menjadi penyemangat tim humas untuk berlomba-lomba menyebarkan informasi dari pemerintah pada masyarakat,” ujarnya.

Selain kategori siaran pers/pemberitaan, terdapat empat kategori lain yang dipertandingkan pada ajang ini yakni kategori penerbitan media internal, kategori media sosial, kategori website, dan kategori stan pameran instansi. AMH 2019 diikuti oleh 169 peserta yang terdiri dari kementerian/lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), pemerintah provinsi serta kabupaten/kota.

Malam AMH 2019 merupakan puncak rangkaian acara Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) yang digelar sejak 23 Oktober 2019 di Kepulauan Bangka Belitung. SAIK 2019 mengangkat tema “Kolaborasi Komunikasi Untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa”.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Selamatta Sembiring, Staf Ahli Kominfo Hendrasmo, perwakilan humas Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/BUMN/BUMD/Perguruan Tinggi, serta para tamu undangan. (Has)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here