Pengawasan Penting untuk Tingkatkan Keselamatan Pelayaran

0
31

Tanjung Selor (up2date.co.id) – Pentingnya peningkatan keselamatan pelayaran terus digaungkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, termasuk di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) melalui perhelatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Perhubungan se-Kalimantan Utara, Senin (23/9).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Agus Sularto yang diwakili oleh Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan
dan Patroli, Saharuddin mengatakan bahwa dalam mewujudkan keselamatan pelayaran, peningkatan pengawasan menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

“Adalah sangat penting bagi regulator untuk melakukan peningkatan pengawasan terhadap setiap kapal yang akan berlayar,” tutur Saharuddin.

Menurutnya, pengawasan dilakukan tidak hanya untuk pelayaran jarak jauh saja, tetapi juga diterapkan pada angkutan penyeberangan.

“Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Pusat dan Daerah melalui Dinas Perhubungan sama-sama berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam melakukan pengawasan setiap kapal di pelabuhan, khususnya terhadap kapal-kapal yang akan berlayar,” ujar Saharuddin.

Upaya ini, kata Saharuddin, tidak boleh hanya dilakukan sementara tetapi harus terus menerus dan berkelanjutan tanpa ada batasan berhenti.

“Komitmen tersebut tentunya harus disepakati oleh semua pihak karena keselamatan, keamanan, dan kenyamanan dalam pelayaran adalah prioritas kita bersama,” imbuhnya.

Adapun pelaksanaan Rakornis ini melibatkan berbagai unsur mulai dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut dan Dinas Perhubungan se-Kaltara. Begitu juga dengan Pemerintah Provinsi Kaltara, perwakilan Ditjen Perhubungan Darat dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) hadir sebagai Narasumber.(fyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here