Kilang Minyak Saudi Aramco Meledak Diserang Drone Kelompok Houthi Yaman

0
37

Arab Saudi (up2date.co.id) – Kilang minyak terbesar di dunia milik Pusat Pemerintah Arab Saudi, Saudi Aramco, meledak dan terbakar setelah diserang oleh drone milik kelompok militan Houthi Yaman, Sabtu siang (14/9/2019).

Ada dua fasilitas pengolahan minyak yang diserang dengan pesawat tanpa awak itu, yakni fasilitas Abqaiq dan Khura.

“Pada pukul 4.00 pagi (01:00 GMT) tim keamanan industri Aramco mulai menangani kebakaran di dua fasilitasnya di Abqaiq dan Khura sebagai akibat dari drone,” kata Juru bicara Kementerian Dalam Negeri kepada Aljazeera seperti dilansir viva.co.id.

Kobaran api sangat besar terlihat menutup langit sekitar lokasi kilang. Asap hitam membubung tinggi ke angkasa.

Sementara itu, juru bicara milisi Houthi Yaman, Yahya Saree menyebutkan, kilang minyak itu diledakkan dengan mengerahkan 10 drone.

“Serangan-serangan ini adalah hak kami, dan kami memperingatkan Saudi bahwa target kami akan terus meluas,” kata Yahya.

Saudi Aramco menggambarkan fasilitas pemrosesan minyak Abqaiq di Buqyaq, sekitar 205 mil timur laut dari ibukota Saudi, Riyadh, sebagai pabrik stabilisasi minyak mentah terbesar di dunia.

Fasilitas ini mengolah minyak mentah menjadi minyak mentah manis, kemudian diangkut ke titik transshipment di Teluk Persia dan Laut Merah. Diperkirakan mereka dapat memproses hingga 7 juta barel minyak mentah per hari. (Arya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here