Tingkatkan Keselamatan Pelayaran, KNKT Gelar Diskusi Kepanduan

0
29

Semarang (up2date.co.id) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggelar Forum Group Discussion (FGD) tentang “Peran Pandu dalam Keselamatan Pelayaran” di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/9/2019).

“Kegiatan ini sebagai advokasi dan monitoring pelaksanaan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh KNKT dari hasil investigasi terhadap kecelakaan kapal yang terkait dengan kepanduan,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam sambutan pembukaannya.

Soerjanto Tjahjono mengatakan, sesuai dengan tugas dan fungsi KNKT, hasil investigasi kecelakaan yang dilakukan oleh KNKT tidak untuk mencari dan menyalahkan pihak tertentu, melainkan untuk mencari masukan dan solusi agar kejadian serupa tidak lagi terjadi.

“Termasuk juga pelaksanaan FGD kali ini bukan untuk mencari kesalahan atau men-judge kepanduan sebagai penyebab kecelakaan kapal,” katanya.

Menurutnya, penyebab setiap kecelakaan tidak pernah tunggal, banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Tetapi yang sudah dapat dipastikan adalah setiap kecelakaan itu selalu didahului oleh hazard. “Dan hazard itu bisa terjadi di semua pihak, termasuk ada di pemanduan dalam kecelakaan sebuah kapal ketika hendak berlabuh dan keluar masuk pelabuhan,” katanya.

Soerjanto mencontohkan salah satu hazard yang kerap terjadi dalam kecelakaan kapal adalah soal bahasa. Sehingga komunikasi antara petugas pandu dengan nakhoda kapal sering terhambat dan menimbulkan salah pengertian.

“Hazard-hazard semacam ini yang harus diperbaiki,” katanya.

Menurutnya, selama 10 tahun terakhir KNKT sedikitnya telah menginvestigasi 13 kecelakaan kapal yang berdasarkan hasil investigasi memiki kerkaitan dengan kepanduan, termasuk kecelakaan kapal kontainer Soul of Luck yang menyenggol crane di Pelabuhan Semarang, baru-baru ini.

Selain dari KNKT, FGD tentang kepanduan ini menampilkan para pembicara dari stakeholder terkait seperti Kepala KBPP KSOP Tanjung Emas Semarang Dian Lesmana M. Kemudian Capt. Marolop Alfred Tampubolon dari PT Pelindo III Surabaya, dan Capt. Wahyu Agung, Manager Regional Pelayanan Kapal PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang yang juga perwakilan dari Inampa (Indonesia Maritime Pilot’s Association).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here