Youth Town Hall di Untan Kenalkan Dinamika Ekonomi Digital

0
67

PONTIANAK (up2date.co.id) – Youth Town Hall 2019 yang digelar di Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak berupaya mengenalkan dinamika ekonomi digital di Indonesia serta peluang karir di masa depan bagi anak-anak muda.

“Perkembangan ekonomi digital mengalami kenaikan yang signifikan. Pemerintah meyakini kontribusi ekonomi digital pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) akan terus meningkat. Untuk itu kita ikut mendorong mahasiswa Pontianak bersiap masuki revolusi industri 4.0,” ujar Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih di Pontianak, Rabu (10/4).

XL Axiata menggelar acara tersebut melalui program XL Future Leaders.

Ia menyebutkan bahwa pada awal Desember 2018 lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kontribusi ekonomi digital pada PDB cukup signifikan, yaitu sekitar 8,5 persen.

“Saat ini, keseharian sebagian masyarakat Indonesia hingga pelosok daerah tidak bisa dilepaskan dari pemanfaatan sarana digital, seiring dengan semakin meluasnya digitalisasi di berbagai industri dan aktivitas perekonomian,” papar dia.

Youth Town Hall ini, lanjutnya, antara lain bertujuan menyiapkan anak-anak muda Indonesia agar bisa menjadi sumber daya manusia yang unggul di era revolusi industri 4.0.

“Dengan demikian, mahasiswa akan bisa menyiapkan dirinya menghadapi tantangan yang ada di era digital, baik untuk berkarir sebagai tenaga profesional maupun mengambil langkah sebagai pelaku bisnis,” ujarnya.

Tampil sebagai pembicara utama di acara bertema “IoT as Now Solution to Make Life Easier” ini Head of IoT Innovation XL Axiata, Boy Wicaksono, berbicara mengenai revolusi industri 4.0 serta mengenalkan apa itu Internet of Thing (IoT), juga contoh penerapan IoT dalam kehidupan sehari-hari.

Pontianak terpilih sebagai kota terakhir penyelenggaraan Youth Town Hall setelah sebelumnya digelar di Kota Semarang (8 April), Kota Malang (1 April) dan Kota Banda Aceh (18 Maret). Kota Pontianak menjadi salah satu tempat penyelenggaraan acara ini dengan pertimbangan potensi dan antusiasme mahasiswa Kota Pontianak terhadap perkembangan dunia digital.

Acara ni diikuti sekitar 300 peserta mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Pontianak.(Azzah/Sumber: antaranews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here