KCI Akan Ganti KRL-KRL Berusia 40 Tahun ke Atas

0
149

JAKARTA (up2date.co.id) – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan mengganti seluruh Kereta Rel Listrik (KRL) berusia tua dengan KRL yang lebih baru secara bertahap hingga tahun 2020 mendatang. Alasannya, KRL-KRL tua tersebut sudah sering mengalami gangguan.

“Komponen elektrik KRL-KRL itu rata-rata sudah di atas 20 tahun, sehingga sering mengalami gangguan ketika dioperasikan,” kata Direktur Teknik PT Kereta Commuter Indonesia John Roberto dalam Sharing Session Pengelolaan Layanan KRL di Jakarta, Rabu (10/4).

Menurut Roberto, saat ini ada sekitar 40 persen KRL yang berusia tua. KRL-KRL tersebut memiliki seri 1000, 6.000, dan 8.000 hasil produksi tahun 1985 dan 1993.

“Setelah kami selidiki, ternyata gangguan yang sering dialami oleh KRL adalah akibat usia komponen elektriknya sudah di atas 20 tahun. Itu penyakitnya,” kata John.

Sayangnya, komponen-komponen itu sudah tidak diproduksi lagi oleh Jepang. Makanya kemudian dilakukan replacement dari KRL-KRL yang masih beroperasi.

“Salah satu alasan mendatangkan banyak KRL hingga tahun 2020 itu salah satunya adalah untuk replacement komponen-komponen yang rusak,” ujar John.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahun ini, KCI akan mendatangkan 192 unit kereta yang telah dipesan dari Jepang dari total 356. Pengadaan tersebut berdasarkan kontrak tahun jamak (multiyears) 2018-2020 dengan engan East Japan Railway Company (JR East) senilai Rp190 miliar. (Fyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here